Rabu, 20 Juli 2022

Kelengkapan Administrasi pelaksanaan ANBK 2022

 

administrasibtik- Dalam kegiatan pelaksanaan Asesmen Nasional Basis Komputer (ANBK) tentunya tidak terlepas dari administrasi yang harus disiapkan dan dilengkapi demi suksesnya administratif penyelenggaraan ANBK tersebut.
Pada kesempatan ini saya akan mencoba share kelengkapan administrasi kegiatan ANBK pada tahun 2022, pada kelengkapan ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian persiapan dan bagian pelaporan, baiklah kita langsung ke pokok pembahasannya

ADMINISTRASI PERSIAPAN ANBK
  1. Pendataan Asesmen melalui laman BIOANSD, BIOANSMP, BIOANSMABIOANSMK, dan  BIOANPAKET
  2. Vervaltik melalui laman https://vervaltik.data.kemdikbud.go.id/
  3. Login ke laman https://anbk.kemdikbud.go.id/
  4. Rapat dan koordinasi ANBK (undangan, pelaksanaan dan notulen rapat) (disini)
  5. Download VHD Fresh ANBK Simulasi versi 14.0.01 klik Disini
  6. Download VHD Fresh ANBK untuk Gladi dan Utama versi 14.22.7.0 klik Disini
  7. Instalasi VHD Fresh ANBK (klik disini)
  8. Instalasi Exambro Client ANBK (klik Disini)
  9. Cara mengamankan ExambroAdmin agar tidak terdeteksi sebagai virus atau file berbahaya bagi komputer ( Klik Disini)
Nomor Standar/Indikator Keterangan
I PERENCANAAN ANBK
1 Proposal ANBK Download
2 Undangan, Daftar hadir dan Notulen   Rapat Download
3 Rapat persiapan AN di intern Sekolah Download
4 Program kerja ANBK Download Cover, Lembar Pengesahan, Isi Program
5 Format Verifikasi data calon Peserta ANBK Download dari Web ANBK
6 SK panitia Download
7 SK Pengawas Download
8 SK Proktor Download
9 SK Tenisi Download
10 Surat Tugas pengawas Download
11 Menetapkan Peserta AN Ambil di web BIOAN   atau Web ANBK
12 Lembar Ceklist sarana dan prasarana Download
II SOSIALISASI ANBK
1 Sosialisasi kepada   Pendidik dan Peserta Download
2 Sosialisasi kepada   Orangtua/Wali dan Komite Sekolah Download
III PELAKSANAAN ANBK
1 Jadwal simulasi AN   sesuai jadwal pusat Lihat
2 Menetapkan   tempat/lokasi AN Download
3 Sarana dan prasarana   memadai Download
4 Mengusulkan jumlah   gelombang dan sesi kemudian dicetak formatnya disini Atur di web anbk
5 Mengikuti   simulasi AN sesuai jadwal ( Kartu, jadwal, BA Singkron, Daftar Hadir, BA   Simulasi dibuatkan dan di print untuk bundel laporan) di web ANBK
7 Mengikuti   gladi bersih AN sesuai jadwal ( Kartu, jadwal, BA Singkron, Daftar Hadir, BA   Simulasi dibuatkan dan di print untuk bundel laporan) di web ANBK
8 Seluruh   peserta mengikuti gladi bersih AN ( Kartu, jadwal, BA Singkron, Daftar Hadir,   BA Simulasi dibuatkan dan di print untuk bundel laporan) di web ANBK
9 Keikutsertaan peserta   diketahui orangtua/wali Download
10 Berita Acara   Singkronisasi ( bagi pelaksanaan yang Semi Online) Download
11 Daftar Hadir Pengawas Download
12 Daftar hadir proktor Download
13 Daftar Hadir Teknisi Download
14 Daftar hadir Siswa download di web ANBK
15 Tata tertib Prokor,   Teknisi dan Pengawas Download
16 Kartu Identitas   Pelaksana ANBK, Jika ada kendala dalam filenya, silahkan download Disini Model01, model02, model03, model04,   model05
IV Berkas Peraturan dan teknis
1 Contoh lembar   monitoring Pengawas 1 Download
2 Contoh lembar   monitoring Pengawas 2 Download
3 Rincian Anggaran ANBK Download
4 POS ANBK Download
5 Buku saku ANBK Download
6 VHD ANBK VERSI   14.22.7.0 FRESH Download
7 PART 01 PERSIAPAN LIHAT
8 PART 02 SETTING VHD   ANBK (SIMULASI, GLADI DAN UTAMA) LIHAT
9 PART 03 SETTING   TRANSFER RESPPON LIHAT
10 PART 04 CARA ISI   BERITA ACARA LIHAT
11 PART 05 REVIEW   PELAKSANAAN ANBK SEMI ONLINE LIHAT
12 PART 06 UPLOAD BERKAS   DAFTAR HADIR, BERITA ACARA LIHAT
13 PART 07 CARA AKTIVASI   PESERTA CADANGAN LIHAT


PELAPORAN KEGIATAN ANBK

  1. Cover (disini)
  2. Program (disini)
  3. Lampiran SK Panitia (disini)
  4. Lapiran Rincian Anggaran (disini)
  5. Lampiran Undangan Daftar hadir dan Notulen ANBK (disini)
  6. Lampiran Surat Tugas Pengawas (disini)
  7. Lampiran SK Pengawas ANBK (disini)
  8. Lampiran SK Proktor ANBK (disini)
  9. Lampiran SK teknisi ANBK (disini)
  10. Lampiran Fakta Integritas (diambil atau disamakan dengan laman anbk) (disini)
  11. Lampiran BA Singkronisasi ANBK (disini)
  12. Lampiran Daftar Hadir Siswa (diambil dari laman ANBK)
  13. Lampiran Daftar Hadir Pengawas ANBK (disini) atau diambil dari laman ANBK
  14. Lampiran daftar Hadir Proktor ANBK (disini) atau diambil dari laman ANBK
  15. Lampiran Daftar hadir Teknisi ANBK (disini) atau diambil dari laman ANBK
  16. Lampiran Tata Tertib ANBK (disini)
  17. Lembar Monitoring ANBK (versi Kemenag) (disini)
  18. Lembar Monitoring ANBK KKPS (Versi Dinas) (disini)
  19. Contoh Daftar Nominasi (diambil dari Laman ANBK) (disini) atau diambil dari laman ANBK
  20. POS ANBK (disini)
  21. Juknis ANBK (disini) atau (disini)
  22. Jadwal ANBK (disini)
  23. Kartu Identitas Panitia ( Klik Disini )
  24. Kartu Identitas Proktor ( Klik Disini )
  25. Kartu Identitas Teknisi ( Klik Disini )
  26. Kartu Identitas Siswa (diambil dari portal web ANBK)
Kegiatan untuk guru dan Kepala Sekolah adalah mengisi Survei lingkungan Belajar untuk langkahnya silahkan Klik Disini

Demikian informasi ini semoga bermanfaat.

Siti Maryam Fatonah

Author & Editor

2 comments:

M A E mengatakan...

Terimaksih pak sangat membantu

M A E mengatakan...

terimaskasih pak sangat membantu